Selasa, Desember 11tahukahkamu.net |

Mengenal Lebih Dekat Sejarah Kue Onde-Onde

Tahukahkamu.net – Rupanya, onde-onde merupakan makanan yang berasal dari Tiongkok, dan bukan berasal dari Indonesia. Meskipun sudah ada sejak jaman kerajaan Majapahit.

Menurut kisahnya, Onde-onde atau bahasa Tiongkoknya Ludeui dibuat pada masa kekuasaan Dinasti Zhou sekitar 1045-256 SM. Makanan ini sebenarnya lebih diprioritaskan bagi para pekerja kayu yang diperintahkan oleh Kaisar untuk membangung sebuah bangunan dalam Kerajaan.

Bentuknya yang bulat, dan pada permukaannya terapat biji wijen juga makna, dan cerita tersendiri. Katanya Onde-onde ini melambangkan keselamatan, dan kebersamaan bagi siapa saja yang memakannya. Jadi sebelum bekerja, tukang kayu ini diwajibkan untuk menyantap makanan super enak ini.

Onde-onde masuk di indonesia di bawa oleh para pedagang dari Tiongkok pada tahun 1300-1500 M. Yang dimana salah satunya adalah Laksamana Cheng Ho yang berasal dari Dinasti Ming. Dahulu, isi onde-onde ini hanya berupa pasta gula merah. Namun setelah sampai di Nusantara, Kue inipun dimodifikasi sesuai lidah orang Indonesia yakni diisi dengan kacang hijau.

Bagikan!
BACA JUGA:  5 Transportasi Elit Ini Segera Diluncurkan Dalam Waktu Dekat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *