Selasa, Desember 11tahukahkamu.net |

Mengintip Suasana Kota Mati Yang Ada di Indonesia

Tahukahkamu.net – Bukan hanya diluar negeri saja. Indonesia ternyata punya lokasi yang dianggap kota mati karena tak satupun warga, atau penduduk yang nampak. gambaran itu hanya menyisahkan beberapa puing-puing bangunan yang dimakan oleh zaman.

Waduk Jati Gede, yang berlokasi di Sumedang, Jawa Barat ini dahulunya adalah pemukiman desa cipaku dengan luas sekitar 5000 hektar. Beberapa puing-puing bangunan masih berdiri kokoh, dan juga masih terlihat beberapa alat dapur, sepatu, pakaian, bahkan sisa makanan siap saji sekalipun masih bisa ditemukan dilokasi itu. Dengan begitu, orang-orang yang bertandang kesana akan merasakan suasana yang berbeda.

Namun berbeda saat air waduk naik. Nampak tak ada apa-apa. Berbeda saat air waduk surut, maka akan meilihat sebuah mahakarya yang luar biasa. Sebenarnya, desa ini sengaja ditenggelamkan oleh pemerintah setempat untuk menjadi bagian dari waduk Jatigede. Para penduduk diberikan fasilitas seperti layaknya yang pernah mereka alami sebelum desa itu menjadi sebagian dari waduk.

Fungsinya tak jauh dari dampak kehidupan masyarakat lebih baik. Salah satunya untuk keperluan sarana irigasi, dan pembuatan pembangkit listrik. Selain dua fungsi itu, juga sebagai lokasi pembudidayaan ikan air tawar.

Bagikan!
BACA JUGA:  Dapur Beraroma Tak Sedap? Yuk, Gunakan Cara Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *