Selasa, Desember 11tahukahkamu.net |

Waspadai Cara Ini Saat Hendak Mencuci Motor

Tahukahkamu.net – Memiliki kendaraan yang enak dipandang tentu membuat kita senang. Banyak orang yang mempercayai, karakter seseorang bisa dilihat dari beberapa penampilannya. Yaa, begitupun dengan kendaraan yang anda miliki. Jika kendaraan anda beken, dan bersih justru itulah karakter anda yang sebenarnya.

Namun, sebagian orang tidak mengerti cara melakukan perawatan motor dengan baik. Bersih bukan berarti performa mesin juga baik. Malah bisa jadi justru sebaliknya. Ini empat alasan yang seharusnya tidak kamu lakukan saat mencuci motor.

1. Mencuci Motor Disaat Mesin Masih Panas

Mencuci motor dalam keadaan mesin masih panas bisa mengganggu performa mesin kamu. sebaiknya jika ingin mencuci hendaknya mengistirahatkan mesin sekitar 30 menit, dan menunggunya dingin. Jika tidak, pada saat kamu menyiramnya dengan air dingin maka blok mesin, dan pangkal knalpot akan rusak.

Menurut informasi yang di himpun Tahukahkamu.net dari website Honda : Secara hukum fisika, logam dalam keadaaan panas lantas disiram dengan air dingin maka akan bereaksi yang membuat logam atau besi bisa retak.

2. Hindari Mencuci Bodi Lebih Awal

Sebaiknya, yang perlu diperhatikan adalah membersihkan mesin lebih awal atau pada bagian bawah motor. Dan pada kap/bodi kendaraan bisa dilakukan pada proses selanjutnya atau paling akhir. Siram bodi motor dengan air sampai bersih agar tidak meninggalkan pasir-pasir yang bisa membuat motormu jadi lecet.

BACA JUGA:  Sehatkah Jika Nasi Dipanaskan Kembali?

3. Tidak Menyemprot Rantai Motor Dengan Air Yang Betekanan.

Hal ini dimaksudkan agar pelumas yang ada dirantai tidak rontok. Jika hal itu terjadi, performa rantai akan menurun. Jelas tarikan juga akan semakin berat, dan rantai akan lebih mudah putus karena panas saat bekerja. Kedua, jika menyemprotkannya agak keras, pelumas akan terpercik kebagian bodi motor sehingga susah untuk dibersihkan.

4. Tidak Menyiram Air Terlalu Banyak

Hal ini lebih menjurus pada mesin kendaraanmu. Banyaknya air, akan membuat beberapa mesinmu menjadi tak bisa bekerja. Dalam performa kendaraan, mesinlah yang paling sensitif.

Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *